Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaTechnologyKomisi VI DPR RI Dukung PLN Jaga Keandalan Listrik dan Fasilitas SPKLU...

Komisi VI DPR RI Dukung PLN Jaga Keandalan Listrik dan Fasilitas SPKLU Selama Libur Idul Fitri 1445 H

riautoday.com-Jakarta- Komisi VI DPR RI mengapresiasi upaya PT PLN (Persero) dalam menjaga keandalan listrik selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Tak hanya itu, Komisi VI juga mengapresiasi upaya PLN dalam menyediakan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik saat momen mudik Idul Fitri tahun ini.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mendukung PLN dalam memastikan ketersediaan pasokan listrik yang andal dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Komisi VI DPR RI mendukung PLN dalam memastikan pasokan listrik dan kualitas layanan yang terjaga selama periode libur hari raya idul fitri 2024. Khususnya, memastikan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) beserta sarana pendukungnya dalam rangka mendukung para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik,” kata Aria dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VI DPR RI dengan PLN, di Jakarta pada Rabu (3/4).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan saat ini seluruh kondisi kelistrikan untuk menyambut Idul Fitri 1445 H dalam kondisi aman dan andal.

“PLN memastikan seluruh pasokan daya sistem kelistrikan dalam kondisi normal, untuk itu kami sudah melakukan persiapan dalam 2 bulan ini. Mulai dari energi primer, pembangkit, sistem transmisi, distribusi, hingga pelayanan pelanggan. Kami memastikan seluruh sistem end to end dalam kondisi yang prima,” kata Darmawan.

Darmawan mengatakan saat ini pasokan energi primer pada seluruh pembangkit listrik dalam kondisi yang aman, yaitu dengan cadangan di atas 20 hari. Sedangkan untuk pembangkit dan jaringan transmisi hingga distribusi juga telah dilakukan pemeliharaan sebelum memasuki masa siaga Idul Fitri.

“Kami juga memastikan neraca daya nasional. Cadangan daya sangat cukup, di mana kapasitas pembangkit jauh lebih besar dibandingkan prediksi beban puncak,” tambah Darmawan.

PLN juga menyiapkan 81.591 personel siaga dan 2.766 posko siaga yang siap melayani kebutuhan masyarakat selama momen liburan lebaran tahun ini.

Khusus untuk persiapan mudik, Darmawan memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia beroperasi optimal, khususnya yang berada di sepanjang ruas tol Trans Jawa maupun Trans Sumatra yang menjadi pusat mobilisasi masyarakat.

PLN telah menyiapkan 1.299 unit SPKLU yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Khusus momen mudik ini, PLN juga menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di SPKLU. Selain itu, PLN juga menyiapkan 3 unit SPKLU Mobile yang siap memenuhi kebutuhan para pemudik.

“Apabila terjadi gangguan mobil listrik, atau kehabisan listrik di tengah jalan bisa menggunakan hotline layanan PLN dan PLN Mobile. SPKLU Mobile ini akan langsung melayani kebutuhan masyarakat,” tutup Darmawan.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments