Minggu, Juli 21, 2024
BerandaTechnologyPerkuat Sinergi BUMN, PLN dan Hutama Karya Hadirkan 4 Stasiun Pengisian Kendaraan...

Perkuat Sinergi BUMN, PLN dan Hutama Karya Hadirkan 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Ruas Jalan Tol Permai dan Pekbang

riautoday.com-Pekanbaru– PT PLN (Persero) bersama Hutama Karya berhasil menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Ruas Jalan Tol Pekanbaru Dumai (Permai) dan Pekanbaru Bangkinang (Pekbang) pada Sabtu (06/04) di Provinsi Riau. Sinergi antara PLN dan Hutama Karya ini merupakan wujud dari upaya kedua perusahaan plat merah tersebut untuk memberikan layanan dan kemudahan kepada masyarakat khususnya bagi para pengguna mobil listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau & Kepulauan Riau (UIDRKR), Parulian Noviandri mengatakan, PLN berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas dan memperluas infrastruktur pengisian kendaraan listrik melalui pemasangan SPKLU. Inisiatif ini adalah bagian dari usaha pemerintah Indonesia dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai upaya mengurangi emisi karbon dan mendukung kebijakan energi bersih.

“PLN berencana untuk secara signifikan meningkatkan jumlah SPKLU di Riau dan Kepulauan Riau. Hal ini akan mencakup kota-kota dan jalur-jalur penting yang sering dilalui sebagai bagian dari upaya menghilangkan kekhawatiran masyarakat mengenai jarak jangkauan kendaraan listrik. Secara keseluruhan PLN telah mengoperasikan 13 titik lokasi SPKLU selama masa siaga mudik Lebaran 2024. Di jalur mudik ruas tol Pekanbaru Dumai terdapat SPKLU direst area km 45, Ruas tol Dumai Pekanbaru direst area km 65, Ruas tol Pekanbaru Bangkinang direst area km 36 A dan diruas tol Bankinang Pekanbaru direst area km 36 B,” kata Parulian.

PLN, kata Parulian, telah memulai dan terus memperluas pembangunan SPKLU di berbagai lokasi strategis di seluruh Riau dan Kepulauan Riau. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan stasiun pengisian di area-area penting seperti jalur-jalur utama antarkota. Pembangunan SPKLU ini mencakup instalasi peralatan pengisian cepat yang dapat mempersingkat waktu pengisian baterai.

Untuk mempercepat pengembangan dan penyediaan infrastruktur pengisian kendaraan listrik, PLN juga menggandeng berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, stakeholder utama, dan perusahaan BUMN seperti Hutama Karya. Kerjasama ini berhasil menghadirkan SPKLU di jalur-jalur penting yang menghubungkan antar kota.

“Kami mengapresiasi sinergi dan kolaborasi yang terjalin dengan baik antara PLN dan Hutama Karya dalam mempersiapkan infrastruktur SPKLU untuk mobil listrik di ruas jalan tol. Semoga kedepan kerjasama ini terus di tingkatkan sehingga seluruh rest area yang ada di ruas jalan tol memiliki SPKLU. Masyarakat merasa aman, pengguna mobil listrik nyaman dan pengelola tol pun tenang,” ujar Parulian.

Jarot Seno Wibawa, selaku Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Pekanbaru Bangkinang (Pekbang) dan Ruas Tol Pekanbaru Dumai (Permai) menyampaikan, apresiasi dan terima kasih atas kehadiran infrastruktur pengisian daya mobil listrik di Rest Area 36 A dan B Ruas Tol Pekanbaru Bangkinang dan Ruas Tol Pekanbaru Dumai.

“SPKLU ini tentunya dapat meningkatkan layanan di Jalan Tol Ruas Permai dan Ruas Pekbang. Dengan adanya tambahan 4 titik SPKLU baru ini, pengguna jalan yang memiliki kendaraan listrik tentunya dapat merasa lebih nyaman dan aman dalam berpergian. Mudah-mudahan ke depannya bisa semakin banyak titik SPKLU baru agar dapat menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik di Provinsi Riau,” ujar Jarot.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments