Jumat, April 19, 2024
BerandaLifestyleSDN 050757 Alur Dua Gelar Literasi,Zamhuri:Budaya Literasi Sangat Penting Untuk Kita Semua

SDN 050757 Alur Dua Gelar Literasi,Zamhuri:Budaya Literasi Sangat Penting Untuk Kita Semua

riautoday.com-P.Brandan-SDN 050757 telah mengadakan kegiatan Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan di lapangan SDN 050757 Alur Dua P.Berandan, Kemarin 25/07/2023.

Kegiatan literasi ini sebelum nya sudah pernah dilakukan, dan pada tahun ini pihak sekolah membuat kembali kegiatan literasi tersebut.

Pada Selasa kemarin SDN 050757 gelar kegiatan literasi perdana untuk tahun ajaran baru ini.Kegiatan ini pun berhasil mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah bapak Zamhuri Syam, S.pd dan seluruh dewan guru SDN 050757 Alur Dua.

Acara dimulai pada pukul: 07.30 WIB s,d, 08.00 WIB.
pemandu acara ini adalah guru kelas V B yaitu bapak Kusmoko,S.Pd. Adapun susunan acara budaya literasi di SDN 050757 Alur Dua, adalah sebagai berikut:

  1. Pembacaan doa
  2. Sambutan Kepala SDN 050757 Alur Dua
  3. Penjelasan literasi
  4. Penyampaian materi
  5. Penampilan drama
  6. Penampilan Tari
  7. Penutup
  8. “Bahwa kegiatan literasi sangatlah penting, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan budaya baca, budaya literasi bagi kita semua, untuk itu kita harus menciptakan lingkungan yang kondusif, representatif dan kreatif dalam meningkatkan gerakan literasi tentu yang dimulai dari diri sendiri, mulai yang terkecil dan mulai saat ini”ungkap Bapak Zamhuri

“Literasi di sekolah adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan, dengan tujuan untuk menggali minat peserta didik dan seluruh warga sekolah untuk melakukan literasi”sambung beliau.

“Jadi literasi adalah sebagai kemampuan untuk mengembangkan potensi yang ada didalam diri seseorang dalam kegiatan membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari”kata bapak Zamhuri Syam.

Sedangkan yang memberikan arahan dan pemahaman terkait dengan apa arti literasi, dan pentingnya literasi sekaligus menjelaskan paparan materi literasi secara gamlang yaitu disampaikan oleh Ibu Afrida Hamni,S,Pd.

Ibu Afrida Hamni,S.Pd menjelaskan bahwa” kegiatan Literasi Sekolah dalam konteks GLS di SDN 050757 Alur Dua ini adalah bagaimana siswa mampu mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara.

GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.”Ungkap Beliau.

Acara dilanjutkan dengan penampilan drama oleh siswa/i kelas VI A dan dilanjutkan penampilan tarian oleh Siswa/I kelas 1A SDN 050757 Alur Dua P.Berandan, alhamdulillah semua dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Kegiatan Literasi di SDN 050757 Alur Dua P.Berandan telah berjalan dengan baik sesuai dengan Visi dan Misi SDN 050757 Alur Dua P.Berandan.

Kegiatan ini dikelola oleh TIM Literasi Sekolah yang merupakan gabungan dari Kepala Sekolah,Guru-guru kelas dan Guru-guru Bidang lainnya. Dan Rencana pak Zamhuri Syam,S.Pd Kepala SDN 050757 Alur dua kedepan bahwa kegiatan literasi ini dilakukan setiap harinya dengan melibatkan seluruh guru guru dan murid murid.

“Semoga dengan diadakan kegiatan Literasi ini dapat meningkatkan semangat budaya berliterasi di keluargan besar SDN 050757 Alur Dua P.Berandan” ujar pak zamhuri syam.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments