Minggu, Juli 21, 2024
BerandaRiauDukung Sektor Pariwisata, PLN Hadirkan Listrik Andal Sukseskan Festival Bakar Tongkang di...

Dukung Sektor Pariwisata, PLN Hadirkan Listrik Andal Sukseskan Festival Bakar Tongkang di Riau

riautoday.com-Pekanbaru- Hadirkan listrik yang andal dan berkualitas untuk mendukung wisata budaya, PLN sukseskan Festival Bakar Tongkang 2024 di Bagansiapiapi Provinsi Riau. Acara puncak festival berlangsung meriah dan dihadiri puluhan ribu masyarakat serta wisatawan dari manacenagara pada Sabtu (22/6).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau Parulian Noviandri, menuturkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sistem kelistrikan yang andal untuk mendukung seluruh kegiatan, baik di lapangan pusat kegiatan maupun di tempat-tempat objek vital dan pusat keramaian.

“PLN telah mempersiapkan infrastruktur kelistrikan sebelum event berlangsung. Persiapan di antaranya dari sisi pasokan energi listrik yang berada dalam kondisi cukup dan telah dilakukan pemeliharaan dari sisi pembangkitan, transmisi hingga distribusi sebelum event diselenggarakan Sehingga kelistrikan siap, aman, dan andal,” kata Parulian.

Diakuinya, sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik, khususnya yang menuju lokasi Festival Bakar Tongkang, hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan listrik, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami jika dapat menghadirkan listrik yang andal selama kegiatan berlangsung sehingga seluruh kegiatan Festival Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” ujar Parulian.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, Festival Bakar Tongkang tidak lagi menjadi milik masyarakat Tionghoa di Bagan Siapi-api saja. Namun saat ini, Festival Bakar Tongkang merupakan simbol dan pesta budaya, bahkan sudah menjadi agenda wisata nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Dengan adanya prosesi Bakar Tongkang ini diharapkan dapat menghidupkan sendi-sendi perekonomian rakyat, menggerakkan sektor pariwisata dan pendapatan asli daerah. Kemudian, mengangkat wisata budaya potensial Provinsi Riau dalam mensukseskan program Pemerintah di sektor Pariwisata Nasional,” ungkap Roni.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments