Senin, Februari 26, 2024
BerandaRiauSiaga 24 jam, Petugas PLN Amankan Pasokan Listrik di Lokasi Terdampak Bencana...

Siaga 24 jam, Petugas PLN Amankan Pasokan Listrik di Lokasi Terdampak Bencana Banjir di Kuansing dan Rohul

riautoday.com-Pekanbaru – Curah Hujan yang tinggi di penghujung Tahun 2023 mengakibatkan 21 Desa/kelurahan di Kabupaten Kuantan Singingi dan Rokan Hulu tergenang banjir. Guna mengamankan pasokan listrik, PLN bergerak cepat dengan menyiagakan personil untuk mengamankan pasokan listrik dilokasi banjir demi menjaga keselamatan masyarakat dari sengatan listrik pada Selasa (02/01).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR), Agung Murdifi menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam mengoperasikan jaringan listrik di rumah. Terutama, ketika banjir melanda maka masyarakat perlu segera memutuskan listrik didalam rumah dengan cara mematikan MCB pada kWh meter, cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ketempat yang lebih tinggi.

“Segera hubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123 untuk meminta dipadamkan aliran listriknya sementara waktu. Petugas PLN juga akan berpatroli di wilayah yang tergenang banjir untuk melakukan pengamanan suplai listrik,” ujar Agung.

Agung menginformasikan guna memitigasi resiko bahaya listrik apabila gardu distribusi di daerah tertentu yang terendam banjir, maka petugas PLN akan memadamkan sementara pasokan listrik agar tidak membahayakan masyarakat.

Upaya penormalan yang dilakukan PLN tetap memperhatikan kondisi daerah dan keselamatan masyarakat dan petugas dengan memastikan semua dalam kondisi aman dari ancaman bahaya listrik. Seluruh personil diwajibkan bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan peralatan pendukung yang aman.

“Pasokan listrik akan segera pulih apabila daerah yang tergenang banjir telah kering dan benar-benar aman untuk dioperasikan. Kepada seluruh pelanggan yang terdampak padam akibat banjir, PLN memohon maaf dan berterima kasih karena banyak pelanggan percaya bahwa PLN sedang bekerja dan berupaya semaksimal mungkin,“ tutup Agung.

Dari pantauan lapangan pada Selasa (02/01) sampai dengan pukul 12.00 WIB, 10 unit gardu distribusi dipadamkan dengan jumlah 887 pelanggan yang terdampak di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi. wilayah yang terdampak meliputi Desa Pulau Kulur, Desa Pulau Beralo, Desa Seberang Pulau Busuk, Desa Pulau Panjang Hulu, Desa Pulau Panjang Hilir, Desa Ketaping Jaya, Desa Banjar Lopak, Desa Gunung, Desa Pulau Lancang Desa Pulau Tongah, Desa Pulau Kalimanting, Desa Gunung Kesiangan, Desa Ujung Tanjung, Desa Trans Ujung Tanjung dan Kelurahan Tanjung.

Sedangkan di Kabupaten Rokan Hulu, sebanyak 9 unit gardu distribusi dipadamkan dengan jumlah 570 pelanggan yang meliputi Desa Rantau Binuang Sakti, Desa Tambusai Tengah, Desa Sei Dua Indah, Desa Surau Munai, Desa Pelanduk, Desa Sei Kuti Raya, Desa Rokan Timur.

PLN juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile dan menghubungi Call Center 123 untuk informasi terkini terkait PLN.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments